Pengaruh Host Attractivness dan Loneliness terhadap Minat Menonton Konten YouTube Mukbang Mgdalenaf

Abstract

Mukbang   merupakan program penyiaran orang makan berasal dari Korea Selatan yang kini menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Media penyiaran yang digunakan awalnya televisi, sekarang meluas ke  berbagai flatform media, salah satunya media sosial YouTube. Di Indonesia, salah satu Mukbang diadaptasi oleh vlogger Mgdalenaf dan disiarkan melalui YouTube. Artikel ini menerangkan hasil uji pengaruh  host attractiveness Mukbang   dan  loneliness penonton terhadap  minat menonton Mukbang. Teori yang .digunakan  adalah komunikasi antar budaya, dan konsep host attractiveness, loneliness, serta minat menonton. Metode yang digunakan ialah survei terhadap  sampel 100 responden di Kota Depok dari populasi  4,8 juta subscribers vlog gdalenaf. Dari hasil uji regresi linear sederhana dan uji regresi linier berganda, ditemukan  minat menoton Mukbang   dipengaruhi secara signifikan oleh  host attractiveness (52,4 %),  loneliness (45,2 %),  dan host attractiveness bersama  loneliness  (65%). Masih ada 35 % variabel lain yang mempengaruhi minat menonton Mukbang   yang perlu diteliti.

Keywords
  • Daya tarik tuan rumah
  • Kesepian
  • Minat menonton
  • Mukbang
  • YouTube
How to Cite
Ghassani, S. Z. G., & Diajeng Herika Hermanu. (2024). Pengaruh Host Attractivness dan Loneliness terhadap Minat Menonton Konten YouTube Mukbang Mgdalenaf. Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 20(2). https://doi.org/10.36451/jisip.v20i2.17
References
  1. Anjani, L., Mok, T., Tang, A., Oehlberg, L., & Goh, W. B. (2020, April 21). Why do people watch others eat food? An Empirical Study on the Motivations and Practices of Mukbang Viewers. Conference on Human Factors in Computing Systems - Proceedings. https://doi.org/10.1145/3313831.3376567
  2. Ayuni, P., Syafrida Hasibuan, A. Z., & Suhairi, S. (2022). Komunikasi Antar Budaya Dalam Perspektif Antropologi Islam. Dakwatussifa: Journal of Da’wah and Communication, 1(2), 94–104. https://doi.org/10.56146/dakwatussifa.v1i2.10
  3. Azzahra, D. A. (2019). Inilah 10 Food Vlogger yang Paling Populer Indonesia. Carisinyal.Com. https://carisiny. al.com/food-vlogger-indonesia/
  4. Bayu, D. J. (2020). Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Capai 196,7 Juta. Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/11/jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-capai-1967-juta
  5. Datareportal.com. (2021). Digital 2021 Indonesia. Datareportal.Com. https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia
  6. First, •, Song, J.-H., & Jo, G.-B. (2021). A Study on the Influence of Content Properties of YouTube Mukbang on Brand Selection: Focusing on Chicken Franchise Brand. 한국컴퓨터정보학회논문지 Journal of The Korea Society of Computer and Information, 26(12), 273–281. https://doi.org/10.9708/jksci.2021.26.12.273
  7. Heryadi, H., & Silvana, H. (2013). Komunikasi Antarbudaya Dalam Masyarakat Multikultur (Studi Tentang Adaptasi Masyarakat Migran Sunda di Desa Imigrasi Permu Keca- matan Kepahiang Provinsi Bengkulu). Jurnal Kajian Komunikasi, Vol. 1(No.1), 95–108.
  8. Hovland, I. (2012). Ingie Hovland,. Komunikasi Antarbudaya : Berbagi Makna, 1–14.
  9. Kang, E. K., Lee, J., Kim, K. H., & Yun, Y. H. (2020). The popularity of eating broadcast: Content analysis of “Mukbang ” YouTube videos, media coverage, and the health impact of “Mukbang ” on public. Health Informatics Journal, 26(3), 2237–2248. https://doi.org/10.1177/1460458220901360
  10. Kircaburun, K., Yurdagül, C., Kuss, D., Emirtekin, E., & Griffiths, M. D. (2021). Problematic Mukbang Watching and Its Relationship to Disordered Eating and Internet Addiction: A Pilot Study Among Emerging Adult Mukbang Watchers. International Journal of Mental Health and Addiction, 19(6), 2160–2169. https://doi.org/10.1007/s11469-020-00309-w
  11. Kristianto, B. R. D., & Marta, R. F. (2019). Monetisasi Dalam Strategi Komunikasi Lintas Budaya Bayu Skak Melalui Video Blog Youtube. LUGAS Jurnal Komunikasi, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.31334/ljk.v3i1.415
  12. Kusnandar, V. B. (2021). Sensus Penduduk 2020: Mayoritas Penduduk Kota Depok merupakan Usia Produktif. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/07/sensus-penduduk-2020-mayoritas-penduduk-kota-depok-merupakan-usia-produktif
  13. Kwanghun Yeon. (2023). Health threats of new social media trends: the effects of frequent Mukbang watching on overweight and obesity. Applied Economics Letters , 30(13), 1823–1826.
  14. Listia, N., & Widiasanty, G. (2021). Pengaruh Tayangan Jurnalrisa Episode Jurnal Danur Sunyaruri di YouTube terhadap Minat Menonton. Prosiding Jurnalistik, 7(1), 531–538.
  15. Mellyaningsih, A. (2016). Motif Subscriber Menonton Channel YouTube Raditya Dika. Jurnal E-Komunikasi Program Studi Universitas Kristen Petra Surabaya, 4(1).
  16. MGDALENAF YouTube Channel Analytics and Report. (2020, August).
  17. Mgdalenaf YouTube Channel Analytics Report - PLAYBOARD. (n.d.). Retrieved September 14, 2023, from https://playboard.co/en/channel/UCraCjR5btmMFGdb3EtBMM1Q
  18. Muchtar, K., Koswara, I., & Setiaman, A. (2016). Jurnal manajemen komunikasi. 1(1), 113–124.
  19. Pereira, B., Sung, B., & Lee, S. (2019a). I like watching other people eat: A cross-cultural analysis of the antecedents of attitudes towards Mukbang . Australasian Marketing Journal, 27(2), 78–90. https://doi.org/10.1016/j.ausmj.2019.03.001
  20. Prasetyo, C. B., & Kusumawati, A. (2018). Pengaruh Vlog Sebagai Eectronic Word of Mouth terhadap Minat Beli dan Ddampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survei kepada Konsumen yang Menonton Video YouTube Channel “FARIS KOTA MALANG” pada Kuliner Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 62(1), 118–126.
  21. Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah DInamika Sosial, 1, 213–214.
  22. Puspanidra, T., & Valdiani, D. (2018). Komunikator dalam strategi endorsement (. Kominaktor Dalam Strategi Endorsement.
  23. Rose, B. (2020). Pengaruh Authenticity, Brand Fit, Community, Dan Content Dalam Mukbang Influencer Di YouTube Terhadap Keputusan Pembelian.
  24. Sukmasari, E. (2019). Mukbang : Korea, Jepang, sampai Indonesia. Cultura.Id. https://www.cultura.id/Mukbang -korea-jepang-sampai-indonesia
  25. Syalwa, D., & Qoriatusholihah, Q. (2022). Pengaruh Menonton Video Mukbang terhadap Perubahan Perilaku Makan pada Penonton Mukbang di Media Sosial. Indonesian Journal of Nutrition, 0–14.
  26. Talitha Reyhan Widana, & Hermanu, D. H. (2021). Faktor Menonton Drama Korea Melalui Media Online (Web) Pada Remaja Putri. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 400–419. https://doi.org/10.37329/ganaya.v4i2.1328