Pengaruh Host Attractivness dan Loneliness terhadap Minat Menonton Konten YouTube Mukbang Mgdalenaf
-
Published: 30 January 2024
Abstract
Mukbang merupakan program penyiaran orang makan berasal dari Korea Selatan yang kini menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Media penyiaran yang digunakan awalnya televisi, sekarang meluas ke berbagai flatform media, salah satunya media sosial YouTube. Di Indonesia, salah satu Mukbang diadaptasi oleh vlogger Mgdalenaf dan disiarkan melalui YouTube. Artikel ini menerangkan hasil uji pengaruh host attractiveness Mukbang dan loneliness penonton terhadap minat menonton Mukbang. Teori yang .digunakan adalah komunikasi antar budaya, dan konsep host attractiveness, loneliness, serta minat menonton. Metode yang digunakan ialah survei terhadap sampel 100 responden di Kota Depok dari populasi 4,8 juta subscribers vlog gdalenaf. Dari hasil uji regresi linear sederhana dan uji regresi linier berganda, ditemukan minat menoton Mukbang dipengaruhi secara signifikan oleh host attractiveness (52,4 %), loneliness (45,2 %), dan host attractiveness bersama loneliness (65%). Masih ada 35 % variabel lain yang mempengaruhi minat menonton Mukbang yang perlu diteliti.
- Daya tarik tuan rumah
- Kesepian
- Minat menonton
- Mukbang
- YouTube

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- Anjani, L., Mok, T., Tang, A., Oehlberg, L., & Goh, W. B. (2020, April 21). Why do people watch others eat food? An Empirical Study on the Motivations and Practices of Mukbang Viewers. Conference on Human Factors in Computing Systems - Proceedings. https://doi.org/10.1145/3313831.3376567
- Ayuni, P., Syafrida Hasibuan, A. Z., & Suhairi, S. (2022). Komunikasi Antar Budaya Dalam Perspektif Antropologi Islam. Dakwatussifa: Journal of Da’wah and Communication, 1(2), 94–104. https://doi.org/10.56146/dakwatussifa.v1i2.10
- Azzahra, D. A. (2019). Inilah 10 Food Vlogger yang Paling Populer Indonesia. Carisinyal.Com. https://carisiny. al.com/food-vlogger-indonesia/
- Bayu, D. J. (2020). Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Capai 196,7 Juta. Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/11/jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-capai-1967-juta
- Datareportal.com. (2021). Digital 2021 Indonesia. Datareportal.Com. https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia
- First, •, Song, J.-H., & Jo, G.-B. (2021). A Study on the Influence of Content Properties of YouTube Mukbang on Brand Selection: Focusing on Chicken Franchise Brand. 한국컴퓨터정보학회논문지 Journal of The Korea Society of Computer and Information, 26(12), 273–281. https://doi.org/10.9708/jksci.2021.26.12.273
- Heryadi, H., & Silvana, H. (2013). Komunikasi Antarbudaya Dalam Masyarakat Multikultur (Studi Tentang Adaptasi Masyarakat Migran Sunda di Desa Imigrasi Permu Keca- matan Kepahiang Provinsi Bengkulu). Jurnal Kajian Komunikasi, Vol. 1(No.1), 95–108.
- Hovland, I. (2012). Ingie Hovland,. Komunikasi Antarbudaya : Berbagi Makna, 1–14.
- Kang, E. K., Lee, J., Kim, K. H., & Yun, Y. H. (2020). The popularity of eating broadcast: Content analysis of “Mukbang ” YouTube videos, media coverage, and the health impact of “Mukbang ” on public. Health Informatics Journal, 26(3), 2237–2248. https://doi.org/10.1177/1460458220901360
- Kircaburun, K., Yurdagül, C., Kuss, D., Emirtekin, E., & Griffiths, M. D. (2021). Problematic Mukbang Watching and Its Relationship to Disordered Eating and Internet Addiction: A Pilot Study Among Emerging Adult Mukbang Watchers. International Journal of Mental Health and Addiction, 19(6), 2160–2169. https://doi.org/10.1007/s11469-020-00309-w
- Kristianto, B. R. D., & Marta, R. F. (2019). Monetisasi Dalam Strategi Komunikasi Lintas Budaya Bayu Skak Melalui Video Blog Youtube. LUGAS Jurnal Komunikasi, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.31334/ljk.v3i1.415
- Kusnandar, V. B. (2021). Sensus Penduduk 2020: Mayoritas Penduduk Kota Depok merupakan Usia Produktif. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/07/sensus-penduduk-2020-mayoritas-penduduk-kota-depok-merupakan-usia-produktif
- Kwanghun Yeon. (2023). Health threats of new social media trends: the effects of frequent Mukbang watching on overweight and obesity. Applied Economics Letters , 30(13), 1823–1826.
- Listia, N., & Widiasanty, G. (2021). Pengaruh Tayangan Jurnalrisa Episode Jurnal Danur Sunyaruri di YouTube terhadap Minat Menonton. Prosiding Jurnalistik, 7(1), 531–538.
- Mellyaningsih, A. (2016). Motif Subscriber Menonton Channel YouTube Raditya Dika. Jurnal E-Komunikasi Program Studi Universitas Kristen Petra Surabaya, 4(1).
- MGDALENAF YouTube Channel Analytics and Report. (2020, August).
- Mgdalenaf YouTube Channel Analytics Report - PLAYBOARD. (n.d.). Retrieved September 14, 2023, from https://playboard.co/en/channel/UCraCjR5btmMFGdb3EtBMM1Q
- Muchtar, K., Koswara, I., & Setiaman, A. (2016). Jurnal manajemen komunikasi. 1(1), 113–124.
- Pereira, B., Sung, B., & Lee, S. (2019a). I like watching other people eat: A cross-cultural analysis of the antecedents of attitudes towards Mukbang . Australasian Marketing Journal, 27(2), 78–90. https://doi.org/10.1016/j.ausmj.2019.03.001
- Prasetyo, C. B., & Kusumawati, A. (2018). Pengaruh Vlog Sebagai Eectronic Word of Mouth terhadap Minat Beli dan Ddampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survei kepada Konsumen yang Menonton Video YouTube Channel “FARIS KOTA MALANG” pada Kuliner Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 62(1), 118–126.
- Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah DInamika Sosial, 1, 213–214.
- Puspanidra, T., & Valdiani, D. (2018). Komunikator dalam strategi endorsement (. Kominaktor Dalam Strategi Endorsement.
- Rose, B. (2020). Pengaruh Authenticity, Brand Fit, Community, Dan Content Dalam Mukbang Influencer Di YouTube Terhadap Keputusan Pembelian.
- Sukmasari, E. (2019). Mukbang : Korea, Jepang, sampai Indonesia. Cultura.Id. https://www.cultura.id/Mukbang -korea-jepang-sampai-indonesia
- Syalwa, D., & Qoriatusholihah, Q. (2022). Pengaruh Menonton Video Mukbang terhadap Perubahan Perilaku Makan pada Penonton Mukbang di Media Sosial. Indonesian Journal of Nutrition, 0–14.
- Talitha Reyhan Widana, & Hermanu, D. H. (2021). Faktor Menonton Drama Korea Melalui Media Online (Web) Pada Remaja Putri. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 400–419. https://doi.org/10.37329/ganaya.v4i2.1328